KEGIATAN HARI PANGAN SEDUNIA 2022

 

Hallo Sobat Strada…. Hari ini tanggal 16 Oktober kita dan teman-teman di seluruh dunia memperingati Hari Pangan Sedunia atau sering kita kenal dengan HPS. Menurut situs resmi FAO tentang peringatan World Food Day 2022, tema Hari Pangan Sedunia 2022 adalah “Love NO ONE Behind” atau artinya “Tidak Meninggalkan Siapa Pun di Belakang”. Seruan ini mengingatkan kita akan kenyataan bahwa ada banyak saudara-saudara kita yang tidak mampu mengejar dan menikmati hasil pembangunan dan kemajuan. Teman-teman kita ini sering disebut golongan lemah, miskin, terpinggirkan, dan disabilitas. Peringatan HPS mengajak kita untuk peduli terhadap teman-teman kita yang membutuhkan.

Dalam rangka peringatan Hari Pangan Sedunia 2022, SD Strada Bhakti Utama juga melakukan banyak kegiatan lho sobat, rangkaian acara di mulai dengan ibadat sabda yang di pimpin oleh Sr Chika. Dalam ibadat tersebut Suster mengajak kita semua untuk menghargai makanan serta menghabiskan makanan kita. “Makananku, Makananmu, Makanan Kita Semua” merupakan slogan yang diserukan oleh seluruh siswa Strada Bhakti Utama.

 

Setelah mengikuti ibadat, anak-anak masuk ke kelas masing-masing untuk menyaksikan sambutan dan surat gembala dari Bapak Kardinal Ignatius Suharyo dan melihat kondisi dunia saat ini yang sedang dalam kondisi tidak baik-baik saja. Dalam surat gembalanya, Bapak Kardinal Ignatius Suharyo berpesan agar jangan ada seorang pun tertinggal dan menjadi tantangan iman dan moral bagi kita juga. Saat ini 39.8% sampah di Indonesia merupakan sampah makanan. Artinya, setiap keluarga Indonesia rata-rata membuang makanan sekitar 115 hingga 184 kilogram. Wah angka yang besar sekali ya sobat, makanan sebanyak itu harus berakhir di tempat sampah.

 

Sobat Strada yang dikasih Tuhan, tentu Sobat semua telah melihat diberita-berita tentang bagaimana kondisi dunia saat ini. Teman-teman kita di Afrika saat ini sedang dilanda krisis pangan. Kondisi ini sangat berbanding terbalik dengan yang ada di Indonesia. Kita masih sering menyisakan makanan dan membuangnya ke tempat sampah. Itu bukanlah tindakan yang terpuji ya Sobat…..

Maka pada peringatan Hari Pangan Sedunia tahun 2022 ini, Sobat Strada diajak untuk:

  1. Mengambil makanan secukupnya dan menghabiskannya.
  2. Berbagi makanan kepada sesama yang membutuhkan.
  3. Mengupayakan pola makan sehat secukupnya.

Setelah melihat video sambutan dari Bapak Kardinal, selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama. Makanan tersebut telah disiapkan oleh mama-mama yang dengan semangat berbagi mau membantu sekolah dalam menyediakan makanan bagi siswa. Setiap kelas disediakan makanan yang beranekaragam. Kebanyakan makanan tersebut terbuat dari olahan hasil bumi Indonesia seperti singkong, ubi jalar, jagung, pisang, kacang, dan lain sebagainya. Hal ini untuk mengenalkan kepada generasi muda bahwa Indonesia mempunyai ragam kuliner yang sangat banyak yang terbuat dari bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar mereka.

            Selain kegiatan makan bersama, ada satu kegiatan yang dilakukan di SD Strada Bhakti Utama yaitu berbagi dengan masyarakat sekitar. Sebelum kegiatan HPS siswa telah diminta untuk mengumpulkan dana sukarela untuk rangkaian kegiatan peringatan HPS 2022, dan salah satu hasil pengumpulan dana itu di gunakan untuk membantu warga sekitar sekolah yang membutuhkan. Ini merupakan wujud kepedulian siswa SD Strada Bhakti Utama terhadap sesama. Kegiatan ini juga mengajarkan kepada mereka untuk selalu berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

 

Demikianlah sobat rangkaian peringatan Hari Pangan Sedunia di SD Strada Bhakti Utama. Mari Sobat Strada kita bersama-sama bergerak untuk semakin mengasihi, semakin peduli, dan semakin bersaksi.

Selamat Hari Pangan Sedunia 2022

Tuhan Yesus Memberkati … Amin

Salam AMDG.

Penulis

Heribertus Bakti Dwi Antara

Editor

Yohanes Kusuma Agung Susanto

Sebarkan artikel ini