Hallo sahabat Strada

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) diperingati setiap tanggal 5 November. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian, perlindungan, pelestarian puspa dan satwa nasional serta mengingatkan betapa pentingnya puspa dan satwa dalam kehidupan kita. Ada tiga jenis satwa yang masing-masing mewakili satwa darat, air, dan udara, dinyatakan sebagai Satwa Nasional, dan dikukuhkan penyebutannya sebagai berikut:

  1. Komodo (Varanus Komodoensis) sebagai satwa nasional.
    2. Ikan Siluk Merah (Sclerophages Formosus)sebagai satwa pesona.
    3. Elang Jawa (Spizaetus Bartelsi) sebagai satwa langka.Sedangkan tiga jenis bunga yang dinyatakan sebagai bunga Nasional, dan dikukuhkan penyebutannya sebagai berikut:
    1. Melati (Jasminum Sambac) sebagai puspa bangsa.
    2. Anggrek (Palaenopsis Amabilis) sebagai puspa pesona.
    3. Padma Raksasa (Rafflesia Arnoldi) sebagai puspa langka.

Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh keluarga besar SD Strada Bhakti Utama diantaranya:

Siswa kelas 1 membawa tanaman obat keluarga (toga), kelas 2 membawa tanaman buah, kelas 3 membawa tanaman bunga, kelas 4 membawa ikan, kelas 5 dan 6 membersihkan lingkungan sekolah. Semua tanaman yang dibawa oleh siswa dikumpulkan di lahan kosong (taman di samping kelas IA). Tujuannya agar siswa mengetahui contoh tanaman obat yang dapat dipakai sebagai obat herbal. Selain itu siswa juga belajar mengenal jenis-jenis tanaman buah dan bunga.

Siswa kelas 4 membawa ikan dan mengumpulkan ikan pada satu wadah besar, sambil menunggu kolam ikan di bersihkan oleh siswa kelas 6. Siswa kelas 5 membersihkan lingkungan dengan mengambil tanaman dan daun kering. Sedangkan siswa kelas 6 membersihkan lingkungan sekolah dengan mengambil sampah-sampah yang ada di selokan serta membersihkan kolam ikan. Ikan-ikan yang di bawa oleh anak-anak, dimasukkan ke kolam ikan yang sudah dibersihkan. Anak-anak sangat bersemangat dan antusias dalam kegiatan ini.

Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional atau HCPSN diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian, rasa cinta, dan kebanggaan dalam diri siswa terhadap kekayaan yang dimiliki oleh bangsa kita.

Salam Sehat

 

Salam AMDG

Sebarkan artikel ini