Halo Sobat Strada Bhakti Utama di mana pun kalian berada semoga selalu sehat dan bahagia. Jumpa lagi kita di Web Strada. Kali ini kami akan menceritakan kegiatan yang sudah kami lakukan di bulan November.

Tanggal 21 November kita peringati sebagai Hari Pohon Sedunia. Pada hari tersebut, merupakan momentum untuk mengingatkan kembali betapa pentingnya peran dan fungsi pohon bagi kita manusia sebagai makhluk hidup di bumi ini.

Dampak pemanasan global bagi bumi ini tidak dapat dibiarkan begitu saja, terlebih dengan semakin banyaknya hutan yang gundul akibat penebangan pohon secara liar. Fungsi pohon sangat penting untuk menyerap gas karbon dioksida, maupun gas beracun lainnya di udara. Selain itu keberadaan pohon mampu menghasilkan oksigen yang merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk di bumi.

Pentingnya menanam pohon bagi kelangsungan hidup di bumi, diwujudkan dalam bentuk aksi yang bermacam-macam, seperti membagi tanaman, gerakan menanam pohon, dan membuat poster oleh para aktivis pecinta lingkungan, maupun para pelajar. Tak terkecuali siswa-siswi SD Strada Bhakti Utama. Untuk kali ini, peringatan hari pohon di SD Strada Bhakti Utama tidak hanya dilakukan dengan menanam pohon di sekitar sekolah, namun siswa juga diajak untuk membuat poster yang bertemakan “Hari Pohon Sedunia”. Siswa-siswi diberi kebebasan untuk berkreasi.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Strada, kemudian dilanjutkan dengan berdoa bersama. Siswa-siswi berkumpul di lapangan untuk deberikan arahan sebelum melakukan kegiatan. Selanjutnya siswa-siswi melaksanakan kegiatan sesuai dengan kelasnya masing-masing. Beberapa kegiatan juga dibantu oleh beberapa orang tua murid dan guru dalam kegiatan menanam pohon dan membagikan tanaman ke lingkungan sekitar sekolah, sehingga semua ikut serta dalam merayakan Hari Pohon Sedunia.

 

Kelas 1 dan 2 membersihkan lingkungan sekolah dan menyiram tanaman.

Kelas 3 dan 4 membagikan tanaman kepada warga sekitar sekolah dan membersihkan lingkungan sekolah.

Kelas 5 dan 6 menanam tanaman pada pot yang terbuat dari galon bekas. Setelah itu kami melakukan kegiatan di kelas dengan berbagai macam kegiatan antara lain:

Kelas 1 dan 2 mewarnai dengan tema “Pohon”.

 

Kelas 3 dan 4 menggambar dengan tema “Hari Pohon Sedunia”.

Kelas 5 membuat poster bertema “Hari Pohon Sedunia”

 

Kelas 6 membuat infografis tentang pohon

Itulah keseruan sekolah kami dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia. Mari kita mulai merawat bumi dengan menjaga lingkungan sekitar kita.

Ikuti terus kegiatan kami di SD Strada Bhakti Utama yaa…..

Salam sehat, salam AMDG

Terima kasih.

 

Penulis : Yosua

Sebarkan artikel ini